Wednesday, July 17, 2013

Khasiat Lendir Bekicot

Bekicot atau siput adalah binatang yang suka makan dedaunan dan tinggal di daerah yang lembab. Kalau di Jawa Barat orang menyebut bekicot itu keong racun. 

Menurut habitatnya dibagi dua macam, yaitu di kebun dan di sawah. Nah yang berbahaya itu yang ada di sawah, misalnya keong mas, keong sawah dan tutut. Mereka berbahaya karena membawa parasit cacing yang bisa menyebabkan radang selaput otak/ meningitis. 
Credit

Sedangkan yang di kebun ini yang bermanfaat. Lendir yang berasal dari kelenjar mukosa ini berfungsi untuk membasahi perut bekicot untuk bisa berjalan sehingga sering kita lihat bekicot ketika berjalan akan meninggalkan jejak berupa lendir. 

Suatu hari telapak tangan bapakku tersayat pisau waktu memecah es batu. Karena di sekitar rumah ada bekicot langsung deh, diambil bekicot itu dan dibagian cangkang/ rumah bekicot yang berbentuk kerucut itu dipotong sehingga keluar lendir dari dalamnya dan diteteskan ke bagian yang terluka tadi. Beberapa saat kemudian, pendarahan berhenti dan luka pun mengering. Tak ada betadine, bekicotpun jadi. Hehe.. oya, lendir bekicot ini khusus untuk mengobati luka baru saja ya..^_^

No comments:

Post a Comment